Berbagi Pengetahuan dan Informasi Menarik

Mengenal 7 Alutsista Indonesia, apa saja itu ?


Di negara yang masih berkembang menuju negara maju ini, Sebuah pertahanan negara sangat diperlukan sebagai upaya mengatasi ancaman keutuhan negara yang mungin akan datang dimasa mendatang.Bagaimana dengan negara tercinta ini, Apa saja yang sudah disiapkan untuk mengatisipasi ancaman tersebut ? , Kali ini Informasi Doni, Akan memberikan beberapa Daftar Alutsista yang ada di Negara Indonesia, tapi kali ini
penulis tidak menyajikan berapa jumlah alutsista yang tersedia. Tapi lebih memaparkan Identitas dan Ciri -ciri Alutsista.
Berikut Beberapa Alutsista : 
 1. Leopard 2
2.Marder
3. ANOA APS3 
4.Pindad Komodo 
5. Eurocopter AS550 Fennec 
6. AH-64 Apache  
7. Mil Mi-35

1. Leopard 2

Leopard 2 adalah tank tempur utama (main battle tank, MBT) Jerman yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970-an dan mulai digunakan pada 1979. Leopard 2 menggantikan Leopard 1 sebagai tank tempur utama Angkatan Darat Jerman Barat (Bundeswehr). Beragam versi telah digunakan oleh Angkatan Darat Jerman dan di 12 negara Eropa lainnya, beberapa dari luar Eropa. Lebih dari 3,480 Leopard 2 telah diproduksi. Leopard 2 pertama kali digunakan Angkatan Darat Jerman pada Perang Kosovo serta pasukan Kanada dan Denmark yang tergabung dalam ISAF di medan tempur Afghanistan.
Leopard 2 A5 der Bundeswehr.jpg

Leopard 2A4 serta Leopard 2RI, pembelian baru dari Jerman, setelah Belanda tidak menyetujui penjualan tank tersebut ke Indonesia setelah batas waktu yang ditetapkan pemerintah Indonesia, setelah protes dari Parlemen Belanda. Leopard 2RI merupakan paket upgrade Leopard 2 Revolution yang disesuaikan dengan keinginan TNI AD.

2.Marder
Marder (Bahasa jerman untuk martes) adalah kendaraan penempur infanteri buatan Jerman yang dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Jerman sebagai persenjataan utama dari satuan Panzergrenadiere (infantri mekanis) dari tahun 1970an sampai hari ini. Dikembangkan sebagai bagian dari program pembangunan kembali industri kendaraan penempur berlapis baja jerman, Marder telah terbukti sukses sebagai perancangan kendaraan penempur infanteri yang sukses dan solid. Meskipun kendaraan ini memiliki fitur yang unik, (seperti senapan mesin yang dikendalikan dari jauh ditempatkan di bagian belakang) kendaraan ini secara umum merupakan mesin yang sederhana dan umum dengan adanya pintu belakang dan jendela penembakan samping untuk digunakan oleh infanteri yang menumpang di dalam. Marder saat ini sedang melalui masa transisi peremajaan dan digantikan oleh Puma.

  

Marder1A3.6.jpg


3. ANOA APS3
APS-3 "Anoa" (kependekan dari Angkut Personel Sedang-3; bahasa Inggris :Medium Personnel Carrier) adalah sebuah kendaraan militer lapis baja buatan PT Pindad (persero), Indonesia. Kendaraan ini dipergunakan untuk mengangkut personel atau dikenal dengan nama panser atau pengangkut personel lapis baja (bahasa Inggris: Armoured personnel carrier atau APC). Nama ANOA sendiri diambil dari nama hewan Anoa yaitu hewan sejenis kerbau yang merupakan hewan asli Sulawesi. Purwarupa pertama kali di perlihatkan ke publik pada ulang tahun ke 61 TNI pada 5 Oktober 2006 di markas besar TNI, Cilangkap.

Anoa-6-x-6-rcws.jpg


4.Pindad Komodo
Pindad Komodo atau lebih dikenal dengan nama Komodo saja, adalah sebuah rantis (kendaraan taktis; bahasa Inggris : tactical vehicle) buatan PT Pindad Indonesia. Dengan manuver yang baik, diharapkan komodo bisa menjadi kendaraan operasional yang handal bagi TNI dan POLRI. Kendaraan ini digunakan sebagai pengintai dan sangat cocok dipakai pada medan yang berat.Nama komodo pada rantis ini diberikan langsung oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 November 2012 yang bertepatan dengan hari pahlawan. Harapannya kendaraan taktis yang berpenggeran roda 4x4 ini bisa seperti hewan komodo yang perkasa, kendaraan ini pun menjadi kendaraan perang yang berdaya tempur tinggi untuk menjaga NKRI.

Komodo APC variant Indodefence 2012.jpg
5. Eurocopter AS550 Fennec
Eurocopter AS550 Fennec and AS555 Fennec 2 helikopter militer ringan serbaguna, yang diproduksi oleh Eurocopter Grup . Berdasarkan seri AS350 Ecureuil dan AS355 Ecureuil 2, mereka dinamai Fennec Fox . Versi bersenjata AS550 dan AS555 dapat dilengkapi dengan senjata koaksial, roket, torpedo dan amunisi lainnya.

050618-Fennec-03.jpg

 6. AH-64 Apache
AH-64 Apache adalah sebuah helikopter tempur yang sesuai untuk semua keadaan cuaca. Ia dikendalikan oleh dua awak dan persenjataan utamanya adalah sebuah meriam rantai M230 30 mm yang terletak di bawah moncongnya. Helikopter ini juga bisa membawa kombinasi persenjataan lain seperti AGM-114 Hellfire dan pod roket Hydra 70 empat tenggekan pada pilon pangkal sayap. AH-64 Apache adalah helikopter serbu untuk Angkatan Darat Amerika Serikat dan merupakan pengganti dari helikopter serbu AH-1 Cobra.

AH-64D Apache Longbow.jpg

 7. Mil Mi-35
Mil Mi-35 (kode NATO: Hind) merupakan helikopter tempur dan pengangkut buatan Uni Soviet. Mi-35P diberi lapisan proteksi layaknya ranpur lapis baja. Mi-35P dibekali pelindung lapisan baja untuk menahan terjangan proyektil. Keseluruhan bodi helikopter dirancang untuk mampu menahan tembakan proyektil kaliber 12,7 mm, termasuk pada lima bilah rotornya. oleh karena itu oleh pilot Soviet yang berbahasa Rusia, Mi-35P dijuluki letayushiy tank atau tank terbang. Konon tubuh dan kanopi kacanya mampu menahan tembakan dari jarak cukup dekat. Nama lainnya adalah buaya karena kemiripan bentuk.

Berkas:Tni-ad mi35.jpg

 Itulah sedikit pengenalan tentang alutsista yang ada di Indonesia, Masih banyak untuk kita mengenal berbagai alutsista yang Seperti halnya Tank , Kapal , dan Pesawat dll. Tunggu update artikel terbaru penulis. Semoga bermanfaat.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Mengenal 7 Alutsista Indonesia, apa saja itu ?"