Berbagi Pengetahuan dan Informasi Menarik

3 Pesawat Pengangkut Militer Indonesia


Sebuah kemampuan besar dalam penerbangan adalah mengirim ribuan personil militer kedaerah target dengan waktu yang cepat dan strategy. Hal ini sangat bermanfaat dalam melakukan kegiatan operasi darat dalam menyebarkan para prajurit didaerah target. Sebuah pesawat pengangkut dalam hal ini sangat berarti, dengan kemampuan membawa ribuan personil yang siap diterjunkan. Untuk kelancaran operasi, tapi apakah Negara ini memiliki pesawat pengangkut yang cukup mempuni dimedan udara ? Yuk kita simak rangkumanya.


 1.  Airbus A400M

A400M-1969.jpg

Airbus A400M adalah sebuah pesawat transpor militer bermesin empat turboprop. Pesawat ini dirancang oleh divisi militer Airbus untuk mengganti atau melengkapi pesawat yang digunakan dalam peran angkutan udara taktis [4] Pesawat Airbus A400M ini awalnya dipesan oleh 9 (sembilan) negara;. [5][6] Namun kemudian pesanan dari Afrika Selatan dibatalkan pada bulan November 2009. [7] Terbang perdana pesawat ini, mulanya direncanakan awal tahun 2008, dilaksanakan pada 11 Desember 2009. Airbus A400M adalah pesawat Angkut militer bermesin empat turboprop, yang dalam pembuatannya telah banyak menghabiskan dana, sehingga melampaui anggaran pembuatannya yang hanya beberapa miliar dollar AS. Namun, pesawat ini melakukan penerbangan uji coba perdana di Sevilla, Spanyol pada Jumat 11/12/2009. Pesawat ini dirancang oleh divisi militer Airbus untuk mengganti atau melengkapi pesawat yang digunakan dalam peran angkutan udara taktis.

2. Boeing C-17 Globemaster III

Boeing (dulu bernama McDonnell Douglas) C-17 Globemaster III adalah sebuah pesawat angkut militer Amerika Serikat yang diproduksi oleh Boeing Integrated Defense Systems dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Britania Raya dan Angkatan Udara Indonesia. Pesawat ini telah juga dipilih oleh Militer Kanada dan direncanakan untuk dikirim pada 2007. NATO juga berencana untuk memesan pesawat angkut jenis ini.C-17 mengambil bentuk nama yang sama dari dua pesawat angkut berat pendahulunya yaitu C-74 Globemaster dan C-124 Globemaster II. C-17 Globemaster III adalah sebuah pesawat angkut militer yang dikembangkan oleh militer Amerika Serikat (USAF) bersama dengan Boeing Integrated Defense System, awal mula pengembangan dilakukan dari tahun 1980 sampai dengan awal 1990 bersama dengan McDonnell Douglas (sekarang McDonnel Douglas telah bergabung dengan Boeing) dan dioperasikan oleh Angkatan Udara.

3. C-130 Hercule

TNIAUA1317atYOG.JPG

Lockheed Martin C-130 Hercules adalah sebuah pesawat terbang bermesin empat turboprop sayap tinggi (high wing) yang bertugas sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. Mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek atau tidak disiapkan, awalnya dia adalah sebuah pengangkut tentara dan pesawat kargo yang sekarang ini juga digunakan untuk berbagai macam peran, termasuk infantri airborne, pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulans udara. Sekarang ini ada lebih dari 40 model Hercules, termasuk beberapa kapal senapan, dan juga digunakan di lebih dari 50 negara. Melayani lebih dari 50 tahun, keluarga C-130 telah menciptakan rekor yang bagus untuk kehandalan dan daya tahannya, berpartisipasi dalam militer, sipil, dan bantuan kemanusiaan.

Video Terkait Airbus 400 M



Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "3 Pesawat Pengangkut Militer Indonesia"